Laman

Kamis, 14 Agustus 2014

daerah saya

Blitar adalah sebuah daerah yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur. Daerahnya yang masih bersih dari polusi ini yang menyebabkan daerah ini sebagai daerah bersih.
Blitar terkenal sebagai tempat dimakamnya presiden pertama di indonesia yaitu Ir.soekarno selain tempatnya yang masih asli akan sejarahnya,blitar terdapat kebudayaan yang sering dilakukan seperti Upacara Adat Siraman Pusaka Gong Kyai Pradah,ini adalah salah satu bentuk budaya di kab blitar sebagai bentuk pemeliharaan secara tradisional benda peninggalan yang berupa Gong bernama Kyai Pradah sehingga pemeliharaan pusaka Gong Kyai Pradah akan tetap lestari sehingga tradisi ini dapat menambah rasa cinta terhadap kebudayaan yang menciptakan persatuan dan kesatuan antar masyarakat selain itu kegiatan ini dapat menjadi aset wisata budaya di Lodoyo.
Upacara ini banyak mengandung nilai- nilai budaya luhur warisan nenek nenek moyang.Upacara Siraman Pusaka Gong dihitung berdasarkan dari pangeran prabu yang diwariskan secara turun menurun kepada generasi penerusnya.
Selain kebudayaan blitar terdapat makanan khas salah satunya adalah nasi pecel .                    
Walaupun nasi pecel ini termasuk makanan yang sederhana tetapi cocok untuk pencinta kuliner serta harganya yang murah membuat para masyarakat di blitar gemar makan nasi yang satu ini,yang membuat nasi ini enak terdapat kombinasi dari sayuran , nasi serta sambal yang terbuat dari kacang yang membuat nasi pecel ini digemari.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar